Bahas Kemandirian Alutsista, Pasis Sesau A-14 Gelar Seminar Nasional

Membahas kemandirian alat utama sistem pertahanan (Alutsista), Pasis Sekolah Staf Angkatan Udara (Sesau) Angkatan Ke-14 menggelar seminar nasional secara daring dari Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang. Selasa (17/11/2020), dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan adaptasi kebiasaan baru.

Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., saat membuka seminar sangat mengapresiasi terobosan dan kreatifitas para Perwira siswa (Pasis) dalam rangka menyusun pemikiran strategis yang dapat menjadi kajian mendalam bagi pengembangan alutsista TNI dan TNI Angkatan Udara di masa mendatang.

Menghadapi era Revolusi Industri 4.0, kata Danseskoau, dirasa sangat tepat membahas kemandirian alutsista dalam seminar yang bertemakan “Peran Industri Swasta Nasional Guna Meningkatkan Kemandirian Alutsista TNI”, di mana Presiden RI Ir. Joko Widodo di awal tahun 2020 memberikan penekanan kepada jajaran Kementerian Pertahanan dan TNI untuk memperhatikan serta mengantisipasi lompatan teknologi militer di masa mendatang, salah satu caranya dengan pemenuhan kebutuhan alutsista yang mengandalkan industri pertahanan dalam negeri.

Begitu juga dikutip dari penyampaian Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada pembukaan pameran produk-produk industri pertahanan swasta dalam negeri di Kantor Kementerian Pertahanan bahwa industri pertahanan suatu negara akan maju jika tercipta kolaborasi antara perusahaan milik negara dan swasta, alutsista akan terpenuhi jika ada kontribusi di kedua pihak tersebut.

Saat ini, lanjut Danseskoau, Indonesia dalam proses peningkatan kemandirian postur pertahanan yang tentunya harus didukung kolaborasi perusahaan milik negara dan swasta dengan tujuan mewujudkan kesiapan alutsista TNI sebagai komponen utama pertahanan negara yang harus terus dikembangkan secara komprehensif dan integral.

Seminar yang turut mengundang narasumber secara daring diantaranya Kabalitbang Kemhan RI Marsda TNI Julexi Tambayong membahas “Peran Industri Swasta Nasional Guna Meningkatkan Kemandirian Alutsista TNI AU”, Analis Militer dan Strategi Pertahanan Dr. Connie Rahakundini Bakrie menjelaskan “Peluang Kendala Alutsista TNI AU dan Industri Pertahanan Nasional”, GM PT. Sari Bahari Putra Pratama Nugraha Egam, S.Psi., M.Si (Han)., memaparkan “Peran dan Harapan: Industri Petahanan Swasta Dalam Mendukung Pembangunan Kekuatan TNI AU”, dan moderator Kolonel Adm Dr. Afrizal Hendra, dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh Pasis Sesau Angkatan Ke-14 untuk mendapatkan gambaran mengenai perkembangan, peran, potensi, dan kemampuan industri swasta nasional dalam mendukung sistem pertahanan negara serta mendukung alutsista TNI maupun TNI Angkatan Udara.