Danseskoau : Waspadai Penyebaran Virus Corona

            “Waspadai penyebaran virus corona atau infeksi akibat virus ini yang disebut Covid-19 bagi keluarga besar Seskoau,” ujar Danseskoau Marsda TNI Henri Alfiandi saat memimpin apel pagi di Lapangan Widya Ambara, Seskoau, Lembang. Senin (16/3). Menurutnya kurang lebih sebanyak 117 kasus telah dikonfirmasi pemerintah Indonesia dan telah melakukan berbagai macam tindakan antisipasi, pencegahan dan memutus penyebaran virus yang sebagian besar ditularkan melalui udara.

            Perlu meningkatkan kewaspadaan, namun tidak dengan kepanikan yang luar biasa dalam menghadapi kondisi luar biasa yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini. Seskoau sebagai lembaga pendidikan dan pencetak SDM yang unggul harus mampu menunjukkan integritasnya dengan memprioritaskan keamanan, keselamatan bagi staf, Pasis, dan keluarga besar Seskoau. Salah satu langkah praktis dalam upaya mencegah penularan virus ini adalah tata cara bersalaman sebagai budaya yang menjadi identitas bangsa Indonesia diganti dengan gerakan mengatupkan kedua tangan di depan dada tanpa merubah makna menghormati. “Itu semua sebagai upaya mencegah penularan virus dengan cara bersentuhan, baik tangan maupun pipi dengan pipi saat bersalaman,” katanya.

            Kondisi emergency ini, tegasnya, perlu adanya tindakan segera dengan memanfaatkan disinfektan untuk menetralisir lingkungan Seskoau agar aman dari Covid-19. “Segera action bagi staf kesehatan, pengamanan dan seluruh pihak terkait agar memeriksa kesehatan personel dan gunakan satu pintu untuk keluar masuk ksatrian,” tegasnya dan juga meminta untuk menyiapkan semprotan larutan diinsfektan bagi personel yang keluar masuk, menyediakan hand sanitizer di setiap ruangan, sterilisasi ruang kerja, ruang kelas, mess siswa dan lingkungan Seskoau.

            Setelah apel Danseskoau Marsda TNI Henri Alfiandi didampingi Kakes Seskoau Mayor Kes drg. Lisye, Sp. Ort., meninjau peralatan kesehatan dan kesiapan larutan disinfektan di Klinik Seskoau dilanjutkan pemasangan di setiap ruangan dan memantau penyemprotan disinfektan di pintu masuk Seskoau.